Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5828Abstract
Salah satu usaha yang dikembangkan dalam memperbaiki kualitas pembelajaran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang berupa bahan ajar. Tersedianya media pembelajaran yang beranekaragam sangat berguna bagi siswa sesuai dengan cara belajar masing-masing. Dampak positif pada saat pembelajaran daring adalah siswa dapat terbiasa belajar mandiri dan guru terbiasa dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yaitu pemanfaatan modul. Modul disusun berdasarkan kemampuan dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran dan asesmen dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penyusunan modul berdasarkan kemampuan siswa pada setiap satuan pendidikan membuat siswa tertarik belajar, bernalar kritis dan mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun dan penggunaan modul ajar oleh guru pada SMA di daerah Papua. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan instrumennya adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian kepada guru yang berjumlah 26 orang bahwa 23,1% guru sama sekali tidak pernah menggunakan modul dalam mengajar, 38, 5% tidak pernah menyusun modul. Menyusun modul sangat penting bagi guru karena modul tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan literasi, bernalar kritis dan kemandirian.Downloads
Published
2022-08-03
How to Cite
Siregar, L. F. . (2022). Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2508–2512. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5828
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lamtiar Ferawaty Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).