Implementasi Pembelajaran Daring dalam Menanamkan Sikap Demokratis pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 17

Authors

  • Mohamad Fhadil Abdullah Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5803

Abstract

Aktivitas masyarakat mulai dibatasi, seperti bekerja, sekolah, dan beribadah di rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Di bidang pendidikan, dampak Covid-19 dapat dirasakan melalui berbagai aspek (seperti guru, siswa, dan orang tua siswa).kegiatan belajar dilakukan secara daring atau pembelajaran Jarak Jauh dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Di SDN Duri Kepa 17, pembelajaran tematik banyak sekali materi-materi yang membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru karena pembelajaran daring. mengetahui hambatan penerapan nilai demokrasi dalam pembelajaran daring di SDN Duri Kepa 17.Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dalam pendekatan studi kasus. Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus. Data studi kasus diperoleh dari pihak yang bersangkutan, dengan kata lain dalam studi ini dikumpulkan dari berbagai sumber.Sekolah menerapkan pembelajaran daring secara keseluruhan yang dapat membentuk sikap demokratis seperti adanya diskusi didalam Whatsapp Group, memecahkan masalah terkait pembelajaran daring yang berlangsung untuk mengambil keputusan.pentingnya sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan di sekolah. Hal ini membentuk sikap saling menghargai dengan orang lain, damai, tidak egois, tidak individual dengan kata lain tidak mendahulukan kepentingan diri sendiri melainkan harus mementingkan kepentingan orang banyak juga, serta dengan mudah mengatasi permasalahan dan mengambil keputusan dengan jalan musyawarah.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Abdullah, M. F. ., & Febrianti, N. . . (2022). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Menanamkan Sikap Demokratis pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 17. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2410–2419. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5803