Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar

Authors

  • Vivi Tamaeka Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis. Penelitian memfokuskan pada kemampuan untuk menganalisis dan menelaah dari sumber-sumber kepustakaan yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) mengetahui internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar dilaksanakan melalui 5 strategi atau upaya yaitu menanamkan nilai-nilai toleransi melalui materi pelajaran PPKn, memberikan wawasan tentang keberagaman, menumbuhkan nilai toleransi melalui sikap saling menghargai, membentuk sikap toleransi melalui pembiasaan, dan perencanaan pembelajaran, 2) berdasarkan hasil analisis tentang internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn, terdapat nilai-nilai toleransi yang dapat digunakan dan dikembangkan melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 3) terdapat kendala dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Vivi Tamaeka, Akhwani, A., Nafiah, N., & Kasiyu, S. . (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2420–2424. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5802