Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5802Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis. Penelitian memfokuskan pada kemampuan untuk menganalisis dan menelaah dari sumber-sumber kepustakaan yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) mengetahui internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar dilaksanakan melalui 5 strategi atau upaya yaitu menanamkan nilai-nilai toleransi melalui materi pelajaran PPKn, memberikan wawasan tentang keberagaman, menumbuhkan nilai toleransi melalui sikap saling menghargai, membentuk sikap toleransi melalui pembiasaan, dan perencanaan pembelajaran, 2) berdasarkan hasil analisis tentang internalisasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn, terdapat nilai-nilai toleransi yang dapat digunakan dan dikembangkan melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 3) terdapat kendala dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-08-02
How to Cite
Vivi Tamaeka, Akhwani, A., Nafiah, N., & Kasiyu, S. . (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2420–2424. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5802
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Vivi Tamaeka, Akhwani Akhwani, Nafiah Nafiah, Suharmono Kasiyu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).