Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5796Abstract
Pengajaran sastra pada dasarnya memiliki peranan dalam peningkatan pemahaman siswa. Pengajaran sastra memiliki relevansi dengan masalah-masalah di dunia nyata. Oleh karena itu pembelajaran sastra pada dasarnya memiliki fungsi dan peran yang penting pada dunia pendidikan. Apalagi saat ini, di era pembelajaran serba digital dan online. Pada pembelajaran sastra terdapat proses dan interaksi pada karya sastra tersebut. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Metode penelitian ini adalah mencari dan menemukan informasi dan teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian. Dalam hal ini masalah yang menjadi fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran sastra di sekolah pada era New Normal. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, selain itu, pada penelitian ini analisis data yang dilakukan adalah dengan teknik analisis isi (Content Analysis). Penelitian ini bersifat dengan membahas secara mendalam sumber data yang ditemukan untuk memilih rujukan yang tepat dan sesuai agar dapat dijadikan sumber yang relevan. Hasil kajian ini menunjukan bahwa berbagai aspek yang digunakan dalam pembelajaran sastra, baik pembelajaran sastra pada era new normal dan aspek-aspek pengajaran sastra.Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Fransori, . A. ., & Parwis, F. Y. . (2022). Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2377–2387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5796
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arinah Fransori, Friza Youlinda Parwis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).