Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tematik Kelas V SD Negeri Karangmulyo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5789Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangmulyo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, Tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek dan penelitian ini adalah siswa kelas kelas V SD Negeri Karangmulyo yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah jika peserta didik mendapat skor ? 75. Hasil penelitian menunjukkan presentasi berpikir kritis meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 31,25 % menjadi 50%. Pada siklus II meningkat Kembali menjadi 87,5%. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan dari siklus I. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 1) Memberikan Orientasi tentang permasalahan kepada siswa, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalahDownloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Suryaningtyas, A. ., Pambudi, D. I. ., & Mujirah, F. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tematik Kelas V SD Negeri Karangmulyo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2340–2344. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5789
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aivi Suryaningtyas, Dholina Inang Pambudi, Fransisca Mujirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).