Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tematik Kelas V SD Negeri Karangmulyo

Authors

  • Aivi Suryaningtyas Universitas Ahmad Dahlan
  • Dholina Inang Pambudi Universitas Ahmad Dahlan
  • Fransisca Mujirah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5789

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangmulyo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, Tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek dan penelitian ini adalah siswa kelas kelas V SD Negeri Karangmulyo yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah jika peserta didik mendapat skor ? 75. Hasil penelitian menunjukkan presentasi berpikir kritis meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 31,25 % menjadi 50%. Pada siklus II meningkat Kembali menjadi 87,5%. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan dari siklus I. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 1) Memberikan Orientasi tentang permasalahan kepada siswa, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Suryaningtyas, A. ., Pambudi, D. I. ., & Mujirah, F. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tematik Kelas V SD Negeri Karangmulyo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2340–2344. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5789