Upaya Peningkatan Critical Thinking Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Negeri Balirejo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5787Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan critical thinking dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik kelas 4 di SD N Balirejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Balirejo yang berjumlah 21 peserta didik, sedangkan variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran problem based learning dan variabel terikat yaitu critical thinking (berfikir kritis). Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan partisipatif, wawancara tidak terstruktur, analisis data dokumen, dan tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan, dokumentasi, dan lembar soal evaluasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning 75,24% terlaksana. Nilai rata-rata Critical thinking pada peserta didik adalah 47,71. Hasil yang didapatkan pada siklus II yaitu Penerapan model pembelajaran problem based learning 77,81% terlaksana. Nilai rata-rata Critical thinking pada Peserta didik adalah 53,71.Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Qoriandani, . M. ., Pramono, . D. ., & Hastini, W. . (2022). Upaya Peningkatan Critical Thinking Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Negeri Balirejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2335–2339. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5787
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Miftachul Qoriandani , Dedi Pramono, Wahyu Hastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).