Upaya Peningkatan Critical Thinking Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Negeri Balirejo

Authors

  • Miftachul Qoriandani Universitas Ahmad Dahlan
  • Dedi Pramono Universitas Ahmad Dahlan
  • Wahyu Hastini Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5787

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan critical thinking dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik kelas 4 di SD N Balirejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Balirejo yang berjumlah 21 peserta didik, sedangkan variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran problem based learning dan variabel terikat yaitu critical thinking (berfikir kritis). Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan partisipatif, wawancara tidak terstruktur, analisis data dokumen, dan tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan, dokumentasi, dan lembar soal evaluasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning 75,24% terlaksana. Nilai rata-rata Critical thinking pada peserta didik adalah 47,71. Hasil yang didapatkan pada siklus II yaitu Penerapan model pembelajaran problem based learning 77,81% terlaksana. Nilai rata-rata Critical thinking pada Peserta didik adalah 53,71.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Qoriandani, . M. ., Pramono, . D. ., & Hastini, W. . (2022). Upaya Peningkatan Critical Thinking Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Negeri Balirejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2335–2339. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5787