Pemanfaatan Komunikasi Melalui Penggunaan Aplikasi Teams Dalam Proses Belajar Mengajar Guru dan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Chontina Siahaan Universitas Kristen Indonesia
  • Revaldo Revaldo Universitas Kristen Indonesia
  • Donal Adrian Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5786

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan platform digital yaitu Microsoft Teams. Di era pandemi yang melanda seluruh dunia, tentunya termasuk Indonesia. Seluruh aspek kehidupan terjangkit imbas dari pandemi COVID-19, termasuk pendidikan. Akibat dari pandemi ini telah mengubah struktur pendidikan di Indonesia, salah satunya yakni perpindahan dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran jarak jauh. Salah satu tipe pembelajaran jarak jauh ialah e-learning. Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan platform digital mana yang biasa digunakan dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk mengumpulkan data. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari informasi berupa artikel, buku dan resensi. Di antara platform digital yang dapat mendukung e-learning,  yaitu Microsoft Teams yang disediakan dalam format teks / video dan dapat mengintegrasikan aktivitas siswa ke dalam fitur chat dan memberikan latihan yang efektif seperti penilaian untuk mengukur pemahaman siswa. Selain itu, Microsoft Teams dapat dipergunakan untuk konferensi video tatap muka. Pembelajaran tatap muka melalui tugas ini relatif untuk menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Siahaan, . C. ., Revaldo, R., & Adrian, D. . (2022). Pemanfaatan Komunikasi Melalui Penggunaan Aplikasi Teams Dalam Proses Belajar Mengajar Guru dan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2330–2334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5786