Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dan Menyimak Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Balongsari 1/500
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5772Abstract
Menyimak sebagai proses dalam berkomunikasi, sebagai suatu keterampilan dalam berkomunikasi, sebagai proses atau suatu respon pada suatu fenomena dan sebagai alat penangkap pengalaman baru. Siswa yang menyimak dengan baik isi bacaan pada buku yang dibaca mampu menyampaikan dengan baik dan tepat isi atau informasi yang terdapat pada teks yang telah ia baca. Sedangkan siswa yang hanya membaca saja dan tidak menyimak dengan baik isi bacaannya akan terlihat berbeda dengan siswa yang melakukan keterampilan membaca dan menyimak dengan baik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dan menyimak pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Serta manfaat dari penelitian ini adalah agar guru dapat menganalisis kemampuan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan membaca dan menyimak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara Observasi, Wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menyimak. Terdapat hubungan positif antara keterampilan membaca dengan keterampilan menyimak siswa. Hal ini terjadi karena semakin tinggi keterampilan menyimak pada kegiatan membaca yang dilakukan oleh siswa akan mendapatkan dampak yang baik yaitu dapat menambah wawasan pengetahuan.Downloads
Published
2022-08-02
How to Cite
Hernanda, F. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dan Menyimak Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Balongsari 1/500. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2402–2405. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5772
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fira Hernanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).