Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dan Menyimak Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Balongsari 1/500

Authors

  • Fira Hernanda SDN Balongsari 1/500

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5772

Abstract

Menyimak sebagai proses dalam berkomunikasi, sebagai suatu keterampilan dalam berkomunikasi, sebagai proses atau suatu respon pada suatu fenomena dan sebagai alat penangkap pengalaman baru. Siswa yang menyimak dengan baik isi bacaan pada buku yang dibaca mampu menyampaikan dengan baik dan tepat isi atau informasi yang terdapat pada teks yang telah ia baca. Sedangkan siswa yang hanya membaca saja dan tidak menyimak dengan baik isi bacaannya akan terlihat berbeda dengan siswa yang melakukan keterampilan membaca dan menyimak dengan baik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dan menyimak pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Serta manfaat dari penelitian ini adalah agar guru dapat menganalisis kemampuan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan membaca dan menyimak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara Observasi,  Wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menyimak. Terdapat hubungan positif antara keterampilan membaca dengan keterampilan menyimak siswa. Hal ini terjadi karena semakin tinggi keterampilan menyimak pada kegiatan membaca yang dilakukan oleh siswa akan mendapatkan dampak yang baik yaitu dapat menambah wawasan pengetahuan.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Hernanda, F. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dan Menyimak Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Balongsari 1/500. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2402–2405. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5772