Penggunaan Media Mananipulatif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tatap Muka di SDN Balongsari 1/500 Surabaya

Authors

  • Irma Nur Indriana SDN Balongsari 1/500

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5766

Abstract

Tujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas III SDN Balongsari I/500 setelah diterapkan media pembelajaran berupa media manipulatif pada pembelajaran tematik. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta meningkatkan kreatifitas berupa inovasi seorang guru dalam penerapan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti melalui observasi tes dan awancara pada proses pembelajaran siswa kelas III menggunakan media manipulative pada pembelajaran tatap muka ditemukan hasil bahwa penggunaan media manipulative terhadap proses pembelajarn mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut terlihat berdasarkan observasi pada pembelajaran sebelum menggunakan media manipulative dan setelah menggunakan media manipulative. Untuk menguji hasil belajar siswa digunakan pretest dan tes. Hal tersebut juga terlihat dari tingkat ketuntasan belajr siswa secara klasikal yang belum tuntas belajar sebanyak 19 siswa (79%) dan yang memiliki ketuntasan belajar hanya 11 siswa (21%) dengan rata-rata kelas sebesar 56. Kemudian setelah diterapkannya media manipulative terhadap proses pembelajaran tatap muka, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan siswa yang memiliki ketuntasan belajar sebanyak 25 siswa (95%) dan yang tidak tuntas belajar hanya 5 siswa (5%). Dengan nilai rta-rata sebesar 75.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Indriana, I. N. (2022). Penggunaan Media Mananipulatif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tatap Muka di SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2393–2397. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5766