Penggunaan Media Mananipulatif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tatap Muka di SDN Balongsari 1/500 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5766Abstract
Tujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas III SDN Balongsari I/500 setelah diterapkan media pembelajaran berupa media manipulatif pada pembelajaran tematik. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta meningkatkan kreatifitas berupa inovasi seorang guru dalam penerapan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti melalui observasi tes dan awancara pada proses pembelajaran siswa kelas III menggunakan media manipulative pada pembelajaran tatap muka ditemukan hasil bahwa penggunaan media manipulative terhadap proses pembelajarn mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut terlihat berdasarkan observasi pada pembelajaran sebelum menggunakan media manipulative dan setelah menggunakan media manipulative. Untuk menguji hasil belajar siswa digunakan pretest dan tes. Hal tersebut juga terlihat dari tingkat ketuntasan belajr siswa secara klasikal yang belum tuntas belajar sebanyak 19 siswa (79%) dan yang memiliki ketuntasan belajar hanya 11 siswa (21%) dengan rata-rata kelas sebesar 56. Kemudian setelah diterapkannya media manipulative terhadap proses pembelajaran tatap muka, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan siswa yang memiliki ketuntasan belajar sebanyak 25 siswa (95%) dan yang tidak tuntas belajar hanya 5 siswa (5%). Dengan nilai rta-rata sebesar 75.Downloads
Published
2022-08-02
How to Cite
Indriana, I. N. (2022). Penggunaan Media Mananipulatif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tatap Muka di SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2393–2397. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5766
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irma Indirana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









