Penerapan Metode Pembelajaran Teams Group Turnamen untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDS Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Berau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5755Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, salah satu penjebabnya karena guru kurang memotivasi siswa dalam membaca terutama pada mata pelajaran bahasa indonesia, sehingga masih banyak siswa yang belum dapat membaca dengan lancar, ditambah lagi jarangnya penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran teams group turnamen untuk meningkatkan motivasi membaca siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDS AL-Qur’an Wahdah Islamiyah Berau. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas III di SDS Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Berau. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu perhitungan menggunakan rumus dari Anas Sudijono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai angket motivasi membaca siklus I sebesar 47% dan nilai angket motivasi membaca siklus II sebesar 77%. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu sebesar 30%. Nilai rata-rata yang diperoleh siklus I sebesar 47.08, sedangkan nilai rata-rata siklus II sebesar 76,67 sehingga mengalami kenaikan 29,59. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran teams group turnamen mengalami kenaikan 29,59, sehingga dapat meningkatkan motivasi membaca siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDS AL-Qur’an Wahdah Islamiyah Berau.Downloads
Published
2022-07-30
How to Cite
Pahlawan, R. N. ., Sunanto, S., Nafiah, N., & Afib Rulyansah. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Teams Group Turnamen untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDS Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Berau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2250–2254. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5755
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reza Novri Pahlawan, Sunanto Sunanto, Nafiah Nafiah, Afib Rulyansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).