Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa

Authors

  • Yanty Lestari Simanjuntak SMAN 1 LINTONG NIHUTA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.5681

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TGT dengan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model kooperatif CIRC. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi berjumlah 386 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 72 orang yang terdiri dari 36 orang kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan 36 orang kelas X-3 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Tes kepribadian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan ? = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajarn kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dengan Fhitung = 4,00 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? = 0,05 ; (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi dibandingkan hasil belajar PKn siwa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dengan Fhitung = 7,8079 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? =0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 48,7864 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tepat daripada model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa, dan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert akan memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.

Additional Files

Published

2021-08-31

How to Cite

Simanjuntak, Y. L. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 171–189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.5681

Issue

Section

Articles