Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.5681Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TGT dengan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model kooperatif CIRC. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi berjumlah 386 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 72 orang yang terdiri dari 36 orang kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan 36 orang kelas X-3 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Tes kepribadian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan ? = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajarn kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dengan Fhitung = 4,00 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? = 0,05 ; (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi dibandingkan hasil belajar PKn siwa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dengan Fhitung = 7,8079 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? =0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 48,7864 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan ? = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tepat daripada model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa, dan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert akan memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.Additional Files
Published
2021-08-31
How to Cite
Simanjuntak, Y. L. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 171–189. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.5681
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Yanty Lestari Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).