Pengaruh Kompetensi Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Amarasi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5674Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Amarasi Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah : (1). Apakah ada pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Amarasi Selatan, (2), Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Amarasi Selatan, (3), Apakah ada pengaruh secara bersama kompetensi guru dan penggunaan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Amarasi selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode angket. Sedangkan analisis datanya adalah secara kuantitatif dengan analisis dengan menggunakan program SPSS 20.0 For Windows , regresi berganda dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Adanya pengaruh yang positif dan signifikansi antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung dari variabel Kompetensi Guru (X1) sebesar 2,490 > 1,996 (t tabel) dan nilai signifikan dari X1 adalah 0,015 < 0,05 (taraf signifikansi). (2) Adanya pengaruh yang positif dan signifikansi antara model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung dari variabel Model Pembelajaran Langsung (X2) sebesar 1,959 < 1,996 (t tabel ) dan nilai signifikan dari X2 adalah 0,542 < 0,05 (taraf signifikansi). (3) Adanya pengaruh yang positif dan signifikansi antara kompetensi guru dan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar dengan nilai F hitung yang diperoleh sebesar 5,8560 dengan tingkat signifikan 0,05, yang mana hasil F hitung lebih besar jika dibandingkan dengan F tabelnya yaitu 2,7437, sedangkan hasil nilai signifikannya lebih kecil dari taraf signifikasinya (?=0,05).Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Feni, O. W. ., Ali, U. ., Koroh, L. ., & Ajito, . T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Amarasi Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2015–2019. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5674
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Olvi Wasti Feni, Umar Ali , Lanny Koroh, Timoteus Ajito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).