Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5662Abstract
Koneksi matematis penting untuk dikembangkan pada diri siswa karena akan membantu siswa dalam memahami konsep dan kemudian dapat menghubungkan konsep-konsep matematika maupun konsep lain di luar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur koneksi matematis siswa di Pondok Pesantren AL Adzkia Kepulauan Riau pada materi trigonometri. Pada penelitian ini digunakan tiga soal yang mencakup tiga aspek koneksi matematis yaitu koneksi matematis pada satu topik, koneksi matematis pada topik berbeda dan koneksi matematis pada kehidupan sehari-hari. Hasil pemetaan koneksi matematis ini diperoleh bahwa nilai koneksi matematis siswa pada materi satu topik masih tergolong rendah dengan persentase sebesar 37,5%. Maknanya bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengaitkan konsep matematis pada materi satu topik yaitu perbandingan trigonometri. Koneksi matematis siswa pada topik yang berbeda juga masih dikategorikan rendah dengan persentase sebesar 58,3%. Pada aspek ini siswa juga masih kurang mampu mengaitkan konsep trigonometri dengan persegi panjang. Sedangkan nilai koneksi matematis pada kehidupan sehar-hari sudah dapat dikatakan cukup dengan persentase sebesar 70,8%. Hal ini bermakna siswa sudah cukup mampu mengaitkan konsep matematis trigonometri dalam kehiduapn sehari-hari.Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Layla, M. (2022). Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1965–1971. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5662
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muslena Layla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).