Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Trigonometri

Authors

  • Muslena Layla STAIN Sultan Abdurrahman Kepri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5662

Abstract

Koneksi matematis penting untuk dikembangkan pada diri siswa karena akan membantu siswa dalam memahami konsep dan kemudian dapat menghubungkan konsep-konsep matematika maupun konsep lain di luar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur koneksi matematis siswa di Pondok Pesantren AL Adzkia Kepulauan Riau pada materi trigonometri. Pada penelitian ini digunakan tiga soal yang mencakup tiga aspek koneksi matematis yaitu koneksi matematis pada satu topik, koneksi matematis pada topik berbeda dan koneksi matematis pada kehidupan sehari-hari. Hasil pemetaan koneksi matematis ini diperoleh bahwa nilai koneksi matematis siswa pada materi satu topik masih tergolong rendah dengan persentase sebesar 37,5%. Maknanya bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengaitkan konsep matematis pada materi satu topik yaitu perbandingan trigonometri. Koneksi matematis siswa pada topik yang berbeda juga masih dikategorikan rendah dengan persentase sebesar 58,3%. Pada aspek ini siswa juga masih kurang mampu mengaitkan konsep trigonometri dengan persegi panjang. Sedangkan nilai koneksi matematis pada kehidupan sehar-hari sudah dapat dikatakan cukup dengan persentase sebesar 70,8%. Hal ini bermakna siswa sudah cukup mampu mengaitkan konsep matematis trigonometri dalam kehiduapn sehari-hari.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Layla, M. (2022). Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1965–1971. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5662