Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5661Abstract
Dunia pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan pendidikan dimana ketakutan emosional tidak dapat dikendalikan dengan baik. Siswa terkadang merasa cemas karena takut untuk berbicara di depan umum atau di depan kelas dan tidak mampu menghadapi masalah atau masalah yang muncul secara pribadi di sekolah. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, ditandai dengan perubahan fisik seperti rasa takut, panik, mimpi buruk dan sebagainya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-eksperimen. Dimana penelitian ini untuk mengurangi kecemasan berpendapat siswa di depan kelas. Pendekatan REBT memiliki tujuan untuk mengubah pandangan dan keyakinan irasional menjadi rasional, membantu mengubah sikap, cara berpikir dan persepsi, oleh karena itu konseling diharapkan mampu mengembangkan dan mencapai realisasi diri secara optimal dengan memanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Salah satu yang dapat meningatkan keefektifan ialah layanan konseling Rasional Emotive Behavior Therapy menggunakan aplikasi tiktok untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMP N 24 Palembang. Analisis dilakukan dengan menggunakan hal tersebut terbukti dengan analisis statistik non parametris, yaitu Uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p value sebesar 3,411 > 2,007 atau nilai sig 0,000 < 0.05 (0,000 lebih kecil dari 0.05) atau yang berarti Ha diterima.Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Fauzi, . T. ., Sarantina, F. ., & Sari, S. P. . (2022). Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1950–1958. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5661
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Taty Fauzi, Fifin Sarantina, Syska Purnama Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).