Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang)

Authors

  • Taty Fauzi Universitas PGRI Palembang
  • Fifin Sarantina Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5661

Abstract

Dunia pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan pendidikan dimana ketakutan emosional tidak dapat dikendalikan dengan baik. Siswa terkadang merasa cemas karena takut untuk berbicara di depan umum atau di depan kelas dan tidak mampu menghadapi masalah atau masalah yang muncul secara pribadi di sekolah. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, ditandai dengan perubahan fisik seperti rasa takut, panik, mimpi buruk dan sebagainya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-eksperimen. Dimana penelitian ini untuk mengurangi kecemasan berpendapat siswa di depan kelas. Pendekatan REBT memiliki tujuan untuk mengubah pandangan dan keyakinan irasional menjadi rasional, membantu mengubah sikap, cara berpikir dan persepsi, oleh karena itu konseling diharapkan mampu mengembangkan dan mencapai realisasi diri secara optimal dengan memanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Salah satu yang dapat meningatkan keefektifan ialah layanan  konseling  Rasional  Emotive Behavior Therapy menggunakan aplikasi tiktok untuk mengurangi kecemasan berbicara  siswa di depan kelas di SMP N 24 Palembang. Analisis dilakukan dengan menggunakan hal tersebut terbukti dengan analisis statistik non parametris, yaitu Uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p value sebesar 3,411 > 2,007  atau nilai sig 0,000 < 0.05 (0,000 lebih kecil dari 0.05) atau yang berarti Ha diterima.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Fauzi, . T. ., Sarantina, F. ., & Sari, S. P. . (2022). Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1950–1958. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5661