Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5647Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik di masa pandemi. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya korelasional, populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IVA UPT SD Negeri 242 Gresik sebanyak 28 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 28 siswa, karena jumlah subjek pada penelitian ini kurang dari 100 orang maka subjek diambil semua. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk memperoleh data minat belajar dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Validitas instrumen penelitian ini dilakukan dengan validitas logis. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu uji persyaratan analisis yang mencakup uji normalitas dan uji linieritas, dan uji hipotesis korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat belajar siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 68% sebanyak 19 siswa, sedangkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kategori tinggi dengan persentase 90%, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik di masa pandemi dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,593>0,374) pada taraf signifikansi 5%.Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Yuni Nur Maulidah, Suharmono Kasiyun, Muhammad Thamrin Hidayat, & Syamsul Ghufron. (2022). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2001–2008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5647
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yuni Nur Maulidah, Suharmono Kasiyun, Muhammad Thamrin Hidayat, Syamsul Ghufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).