Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Masa Pandemi

Authors

  • Yuni Nur Maulidah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik di masa pandemi. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya korelasional, populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IVA UPT SD Negeri 242 Gresik sebanyak 28 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 28 siswa, karena jumlah subjek pada penelitian ini kurang dari 100 orang maka subjek diambil semua. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk memperoleh data minat belajar dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Validitas instrumen penelitian ini dilakukan dengan validitas logis. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu uji persyaratan analisis yang mencakup uji normalitas dan uji linieritas, dan uji hipotesis korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat belajar siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 68% sebanyak 19 siswa, sedangkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kategori tinggi dengan persentase 90%, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 242 Gresik di masa pandemi dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,593>0,374) pada taraf signifikansi 5%.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Yuni Nur Maulidah, Suharmono Kasiyun, Muhammad Thamrin Hidayat, & Syamsul Ghufron. (2022). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2001–2008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5647