Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng krucil

Authors

  • Raidatul Jannah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Arifia Retna Yunita Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5592

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala madrasah bertugas membimbing dan memberikan pengawasan terhadap guru. Peningkatan profesionalisme guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha-usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuannya. Disinilah diperlukan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Ulum Suko Seneng Krucil Probolinggo. Dalam artikel ini peniliti memilih penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui display data, reduksi data,verifikasi data,Menetapkan keabsahan data menggunakan credibility yang mencangkup perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan refrensial, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Guru-guru MI Darul Ulum telah mengaktualisasikan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial walaupun masih ada guru-guru yang tidak maksimal. Tipe kepala madrasah ialah karismatik dan demokratis. Usaha kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru antara lain: mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, kedisiplinan, pengawasan, memberikan wawasan baru dan memberikan contoh yang baik. Faktor pendukung anatara lain: adanya fasilitas-fasiltas yang memadai, motivasi dan reward. Faktor penghambat antara lain: ketidak cukupan finansial, guru-guru sendiri yang enggan mengembangkan potensinya menjadi lebih baik dan kurangnya waktu dari kepala madrasah sendiri.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Jannah, R., Wisudaningsih, E. T. ., & Yunita, A. R. . (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng krucil. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1686–1692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5592

Most read articles by the same author(s)