Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng krucil
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5592Abstract
Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala madrasah bertugas membimbing dan memberikan pengawasan terhadap guru. Peningkatan profesionalisme guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha-usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuannya. Disinilah diperlukan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Ulum Suko Seneng Krucil Probolinggo. Dalam artikel ini peniliti memilih penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui display data, reduksi data,verifikasi data,Menetapkan keabsahan data menggunakan credibility yang mencangkup perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan refrensial, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Guru-guru MI Darul Ulum telah mengaktualisasikan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial walaupun masih ada guru-guru yang tidak maksimal. Tipe kepala madrasah ialah karismatik dan demokratis. Usaha kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru antara lain: mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, kedisiplinan, pengawasan, memberikan wawasan baru dan memberikan contoh yang baik. Faktor pendukung anatara lain: adanya fasilitas-fasiltas yang memadai, motivasi dan reward. Faktor penghambat antara lain: ketidak cukupan finansial, guru-guru sendiri yang enggan mengembangkan potensinya menjadi lebih baik dan kurangnya waktu dari kepala madrasah sendiri.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Jannah, R., Wisudaningsih, E. T. ., & Yunita, A. R. . (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng krucil. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1686–1692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5592
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Raidatul Jannah, Endah Tri Wisudaningsih, Arifia Retna Yunita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).