Proses Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5590Abstract
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan respresentasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah TIMSS. Representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan menuliskan ide matematika dalam bentuk konfigurasi karakter, gambar, objek konkret, dan sebagainya untuk menggambarkan permasalahan. Representasi matematis yang dimaksud adalah representasi eksternal yang terdiri dari representasi verbal, visual, dan simbolik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 6 Malang kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal yang terdiri dari 3 (satu diantaranya adalah permasalahan kontekstual), dan lembar pedoman wawancara. Soal yang digunakan terkait dengan persamaan garis lurus, gradien garis lurus, dan grafiknya. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa, peneliti mengategorikan siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari kelompok yang mampu merepresentasikan permasalahan kontekstual dalam 3 jenis representasi (simbolik, visual, dan verbal), 2 jenis representasi (visual dan verbal), dan 1 jenis representasi (verbal). Peneliti melakukan wawancara pada 2 subjek dari masing-masing kelompok kemudian mendeskripsikan representasi matematis yang dilakukan subjek untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang didasarkan langkah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah mampu menggunakan lebih dari satu representasi untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual, namun masih ditemukan siswa yang masih bisa menggunakan satu representasi saja, sehingga perlu dilakukan peningkatan kemampuan representasi siswa.Downloads
Published
2022-07-24
How to Cite
Annafi Awantagusnik. (2022). Proses Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1864–1876. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5590
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annafi Awantagusnik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









