Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa SD

Authors

  • Refaldo Deka Octava Putra Universitas Sanata Dharma
  • Rusmawan Universitas Sanata Dharma
  • Maria Magdalena Suyatini SDN Kentungan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbantu media puzzle terhadap minat belajar siswa SD. Subek penelitian ini siswa kelas 3 SDN Kentungan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus pada penelitian ini dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan bekerja sama dengan guru untuk mendapatkan sumber informasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam mengidentifikasi masalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model Problem Based Learning berbantu media puzzle yang diterapkan menunjukkan perbedaan pada minat belajar siswa sebelum dilaksanakannya tindakan yaitu 47% setelah dilakukannya tindakan siklus I menjadi 61%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78% dengan kategori baik. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan bantuan media puzzle memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat siswa SD dalam belajar.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Refaldo Deka Octava Putra, Rusmawan, & Maria Magdalena Suyatini. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1711–1717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5588