Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Buay Pemaca
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5573Abstract
Berdasarkan observasi di SD Negeri 05 Buay Pemaca diketahui bahwa partisipasi belajar siswa pada pembelajaran tema 7 kelas 1 rendah, salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan penelitian yang menggunakan model pembelajaran yang merangsang siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di SDN 05 Buay Pemaca. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Buay Pemaca. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas I SDN 05 Buay Pemaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar angket. Data penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II rata-rata partisipasi belajar siswa meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas 1 SDN 05 Buay Pemaca. Kata kunci: partisipasi belajar, model pembelajaran Think Pair Share.Downloads
Published
2022-07-23
How to Cite
Wahyuni, N. E. ., Pramono, D. ., & Hastini, W. . (2022). Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Buay Pemaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1836–1840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5573
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nia Erni Wahyuni, Dedi Pramono, Wahyu Hastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).