Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Gather Town Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Cisauk

Authors

  • Nur Khodijah Suherlan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5572

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cisauk, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII.4 dan VIII.5 sebanyak 88 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes tertulis. Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama, hasil belajar matematika siswa masih semuanya berada di atas KKM akan tetapi 43% siswa masuk dalam kategorisasi hasil belajar siswa yang rendah. Kedua, media pembelajaran yang digunakan kurang menstimulus siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika. Ketiga, 83% siswa tertarik jika pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town. Penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town perlu diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa..

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Suherlan, N. K. ., & Khuzaini, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Gather Town Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Cisauk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1559–1564. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5572