Kemampuan dalam Mengendalikan Emosional pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Annika Febrianti Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Ayu Maharani Br Ginting Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Iswan Hadi Parinduri Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Ananda Indriani Universitas Islam Negri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5561

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan ketidakmampuan anak dalam menyesuaikan dirinya pada saat situasi baru,di Desa Bagan Kuala. Metode penelitian  yang  digunakan yaitu penelitian  kualitatif  deskriptif, dengan menggunakan jenis metode studi literatur (literature review) atau studi kepustakaan. Sumber  data  primer  yaitu dari 5  orang anak di Desa Bagan Kuala. Sedangkan  sumber data sekunder  didapatkan  melalui dokumentasi,  catatan  penelitian,  dan pendukung  lainnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan anak usia dini mengelola emosi diri merupakan bagian dari pematangan perkembangan emosi anak dimasa peralihan dari praoperasional memasuki masa operasional konkret. Kemampuan anak usia dini dalam mengelola emosi dirinya sendiri dapat dilihat dari dimensi kemampuan anak dalam memanfaatkan emosi diri secara positif, kemampuan mengatur emosi sesuai dengan situasi dan kondisi diri, dan kemampuan pertahanan diri anak itu sendiri dalam berbagai bentuk posisi persoalan diri anak secara wajar. Mampu mengelola emosi dalam dirinya yang tentunya dapat di lakukan dengan beberapa upaya untuk meningkatnya kemampuan tersebut. 

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Darmayanti, N., Febrianti, A., Ginting, A. M. B. ., Parinduri, I. H. ., & Indriani, A. . (2022). Kemampuan dalam Mengendalikan Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1512–1519. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5561