Analisis Analisis Media Magnetic Number Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Itsni Khoirunnisa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5540

Abstract

Pengenalan konsep matematika di taman kanak-kanak dapat dilakukan melalui berbagai metode dan media. Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang dipelajari disemua jenjang pendidikan khususnya PAUD. Pembelajaran matematika perlu dikenalkan pada anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Permainan berhitung merupakan bagian dari matematika yang diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan pengenalan konsep matematika yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terutama mengenal lambang bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan media magnetic number. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Media magnetic number ini merupakan media yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, dimana anak bermain mengenal konsep angka serta anak lebih bisa mengurutkan, membilang, menghubungkan jumlah-jumlah benda dengan angka.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Itsni Khoirunnisa, Sianturi, R., & Lidinillah, D. A. M. . (2022). Analisis Analisis Media Magnetic Number Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1748–1753. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5540