Perencanaan Program Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5474Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tugas dan fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat dalam mengkoordinasikan perencanaan pembangunan pendidikan dengan Bappeda Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat dalam Perencanaan Pembangunan Pendidikan dengan Bappeda Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dari wawancara dari narasumber untuk mendeskripsikan Koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat dalam pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Pendidikan dengan Bappeda, melalui wawancara terbuka dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Bappeda sebanyak 5 (lima) orang. Kategorisasi dalam penelitian ini adalah: a) adanya sarana koordinasi (Musrenbang) b) tanggung jawab pelaksana koordinasi c) ada proses koordinasi perencanaan distribusi tenaga kependidikan d) ada proses koordinasi dalam perencanaan kelembagaan PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fungsi Koordinasi Bappeda dalam pelaksanaan Pembangunan Pendidikan di kabupaten Aceh Barat sudah terkoordinasi dengan baik, walaupun belum dikatakan optimal, hal ini disebabkan koordinasi Dinas Pendidikan ke Bappeda masih banyak kendala. dalam membangun dan merencanakan pembangunan pendidikan, maka perlu adanya perhatian dan kebijakan yang dilakukan berdasarkan peraturan atau qanun yang telah ditetapkan, serta data dan informasi yang detail. Dalam rangka membangun koordinasi yang lebih baik dalam Perencanaan Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Aceh Barat.Downloads
Published
2022-07-19
How to Cite
Atisah, A., Mahrizal, M., & Masykur, M. (2022). Perencanaan Program Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1303–1316. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5474
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atisah, Mahrizal , Masykur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).