Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam Rahmah El-Yunusiyah dan Ahmad Surkati
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5468Abstract
Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi semua umat manusia oleh karenanya siapa saja berhak mendapatkan akses Pendidikan tidak terkecuali perempuan. Pendidikan secara garis besar merupakan sarana yang paling penting dalam sebuah proses tranformasi budaya baik pada anak kecil maupun dewasa secara sistematis dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biografi Rahmah El-Yunusiyah dan Ahmad Surkati serta pemikiran pendidikannya dan Komparasi pemikiran PendidikannyaPenelitian ini merupakan penelitian perpustakaan yang merupakan data nya berasal dari buku-buku, dokumen naskah dan lainnya yang terkait dengan tema-tema penelitian. Penelitian ini juga mengkaji dan menganalisis dari sumber seperti buku-buku, jurnal ataupun dokumen terkait konsep pendidikan Rahmah El-Yunusiyah dan Ahmad Surkati. Sama-sama memiliki tantangan tersendiri dalam mendirikan Sekolah yang mereka konsepkan karena ada pandangan yang tabu oleh masyarakat, misalkan tingkatan pada jenjang sekolah serta akses pendiidkan bagi kaum wanita. Adanya persamaan dalam hal mendirikan lembaga pendidikan, sama-sama menerapkan jenjang pendidikan, tetapi sedikit berbeda pada bidang kurikulum, karena Rahmah lebih luas menerapkan pendidikan paa aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Kemudian Rahmah dan Ahmad Surkati sama-sama Tokoh pendidikan Nasional.Downloads
Published
2022-07-19
How to Cite
Zulhamdan , Z. (2022). Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam Rahmah El-Yunusiyah dan Ahmad Surkati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1322–1332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5468
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zulhamdan Zulhamdan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).