Peningkatan Keaktifan Sikap Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patimuan 01

Authors

  • Eka Bakti Pratiwi Universitas Sanata Dharma
  • Maria Melani Ika Susanti Universitas Sanata Dharma
  • Maria Indarti Rustamti SD Kanisius Sorowajan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar pada pembelajaran IPA menggunakan model PBL di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Patimuan 01. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian dari Kemmis and Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Patimuan 01 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini tampak pada peningkatan skor keaktifan belajar dari kondisi awal 61 (cukup aktif), siklus I 70 (aktif), kemudian siklus II 72 (aktif). Model PBL juga dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Patimuan 01 pada mata pelajaran IPA. Hal ini tampak pada peningkatan nilai rata-rata ulangan dari kondisi awal 69,5, siklus I 76,7, kemudian siklus II 81. Presentase jumlah siswa yang mencapai KKM (75) dari kondisi awal sebesar 33,3%, siklus I 63,3%, dan siklus II menjadi 83%.Kata Kunci: Sikap keaktifan; Hasil belajar; model PBL

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Eka Bakti Pratiwi, Susanti, M. M. I. ., & Rustamti, M. I. . (2022). Peningkatan Keaktifan Sikap Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patimuan 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1359–1365. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5467