Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Di SMA Negeri 1 Membalong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5463Abstract
Tujuan dari peneliti mengembangkan modul pembelajaran pelajaran bahasa Indonesia dalam materi teks biografi dengan muatan nilai nasionalisme di SMA Negeri 1 Membalong adalah untuk mengembangkan sumber belajar yang baru dan tidak bosan dalam belajar. Metode penelitian yang dipakai adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Sugiyono. Penilaian terdiri dari tiga aspek yaitu aspek isi materi, aspek media, dan aspek bahasa. Hasil validasi yang dilakukan oleh ketiga ahli a) ahli materi didapatkan nilai 88,60% dengan keterangan Sangat baik. b) ahli media didapatkan nilai 94,20% dengan keterangan Sangat Baik. c) ahli bahasa didapatkan nilai 95,80% dengan keterangan Sangat Baik. Juga dilakukan dua uji coba, uji coba kelompok kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba kelompok besar berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis persentase. Hasil dari penelitian adalah a) uji kelompok kecil rata-rata sebesar 95,60% dengan keterangan Sangat Baik dan uji coba kelompok besar rata-rata sebesar 91% dengan keterangan Sangat baik.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Rudianti, M. S. ., Missriani, M., & Effendi, D. (2022). Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Di SMA Negeri 1 Membalong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1370–1373. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mel Siska Rudianti, Missriani Missriani, Darwin Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).