Pendampingan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo

Authors

  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5457

Abstract

Penggunaan perangkat pembelajaran dinilai kurang maksimal. Perangkat pembelajaran yang digunakan dapat mempengaruhi karakter pada siswa, sehingga guru atau pendidik diharapkan dapat menerapkan perangkat pembelajaran secara baik, contohnya seperti penggunaan bahan ajar seperti LKS, majalah, media dan penilaian autentik. Sehingga perlu adanya pendampingan untuk membantu guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran berbasis ketrampilan generik sains terintegrasi karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo. Tujuan dari pengabdian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis ketrampilan generik sains terintegrasi karakter, (2) penerapan Lembar Kerja Siswa, majalah, media pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru disekolah, (3) mengetahui kaitannya antara perangkat pembelajaran dengan peningkatan keterampilan guru. Metode pelaksanaan dimulai dari tahap persiapan, workshop, pelaksaan, evaluasi, dan revisi akhir. Hasil dari pengabdian berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari piahk sekolah.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Ngazizah, . N. ., & Setiawan, A. . (2022). Pendampingan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1298–1302. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5457