Pendampingan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5457Abstract
Penggunaan perangkat pembelajaran dinilai kurang maksimal. Perangkat pembelajaran yang digunakan dapat mempengaruhi karakter pada siswa, sehingga guru atau pendidik diharapkan dapat menerapkan perangkat pembelajaran secara baik, contohnya seperti penggunaan bahan ajar seperti LKS, majalah, media dan penilaian autentik. Sehingga perlu adanya pendampingan untuk membantu guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran berbasis ketrampilan generik sains terintegrasi karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo. Tujuan dari pengabdian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis ketrampilan generik sains terintegrasi karakter, (2) penerapan Lembar Kerja Siswa, majalah, media pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru disekolah, (3) mengetahui kaitannya antara perangkat pembelajaran dengan peningkatan keterampilan guru. Metode pelaksanaan dimulai dari tahap persiapan, workshop, pelaksaan, evaluasi, dan revisi akhir. Hasil dari pengabdian berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari piahk sekolah.Downloads
Published
2022-07-18
How to Cite
Ngazizah, . N. ., & Setiawan, A. . (2022). Pendampingan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah di Purworejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1298–1302. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5457
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Ngazizah, Andi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).