Budaya Organisasi Dalam Menunjang Pembelajaran Muhadatsah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Studi Fenomenologi Terhadap HIMPBA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami pengalaman hidup pengurus selama proses Organisasi HIMPBA terhadap hambatan-hambatan yang muncul dan upaya-upaya yang akan dilakukan ke depan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Sejak April hingga Mei 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi melakukan penelitian ini. Survei, wawancara, dan kelompok fokus semuanya berperan dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan fenomenologis digunakan dalam jenis penelitian ini. Manajemen Organisasi HIMPBA UNJA 2018-2019 menyediakan data untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman yang di alami oleh pengurus selama berorganisasi di HIMPBA UNJA. Apa yang menjadikan kendala dalam program kerja ntuk menunjang pembelajaran muhadatsah dan apa saja upaya yang nantinya akan dilakukan di lihat dari berbagai pengalaman hidup yang telah di alami oleh pengurus HIMPBA UNJA periode 2018-2019. Adanya faktor internal, kurangnya evaluasi kinerja, serta tidak adanya dukungan dari pihak dosen menyebabkan sebuah program kerja yang telah berjalan berhenti tanpa adanya tindak lanjut dari pengurus HIMPBA itu sendiri. Dari hasil penelitian ini tentunya Implikasi dan strategi bagi para pengurus HIMPBA kedepan dan para Dosen yang berhubungan dengan mahasiswa dalam menunjang Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab di Program Studi akann dibahas dalam Skripsi ini.Downloads
Published
2022-07-18
How to Cite
Hasibuan, T. H. ., Iryani, E. ., & Tersta, F. W. . (2022). Budaya Organisasi Dalam Menunjang Pembelajaran Muhadatsah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Studi Fenomenologi Terhadap HIMPBA) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1270–1275. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5454
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tuti Hardianti Hasibuan, Eva Iryani, Friscilla Wulan Tersta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).