Budaya Organisasi Dalam Menunjang Pembelajaran Muhadatsah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Studi Fenomenologi Terhadap HIMPBA)

Authors

  • Tuti Hardianti Hasibuan Universitas Jambi
  • Eva Iryani Universitas Jambi
  • Friscilla Wulan Tersta Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami pengalaman hidup pengurus selama proses Organisasi HIMPBA terhadap hambatan-hambatan yang muncul dan upaya-upaya yang akan dilakukan ke depan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Sejak April hingga Mei 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi melakukan penelitian ini. Survei, wawancara, dan kelompok fokus semuanya berperan dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan fenomenologis digunakan dalam jenis penelitian ini. Manajemen Organisasi HIMPBA UNJA 2018-2019 menyediakan data untuk penelitian ini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman yang di alami oleh pengurus selama berorganisasi di HIMPBA UNJA. Apa yang menjadikan kendala dalam program kerja ntuk menunjang pembelajaran muhadatsah dan apa saja upaya yang nantinya akan dilakukan di lihat dari berbagai pengalaman hidup yang telah di alami oleh pengurus HIMPBA UNJA periode 2018-2019. Adanya faktor internal, kurangnya evaluasi kinerja, serta tidak adanya dukungan dari pihak dosen menyebabkan sebuah program kerja yang telah berjalan berhenti tanpa adanya tindak lanjut dari pengurus HIMPBA itu sendiri. Dari hasil penelitian ini tentunya Implikasi dan strategi bagi para pengurus HIMPBA kedepan dan para Dosen yang berhubungan dengan mahasiswa dalam menunjang Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab di Program Studi akann dibahas dalam Skripsi ini.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Hasibuan, T. H. ., Iryani, E. ., & Tersta, F. W. . (2022). Budaya Organisasi Dalam Menunjang Pembelajaran Muhadatsah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Studi Fenomenologi Terhadap HIMPBA) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1270–1275. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5454