Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 menggunakan Project Based Learning

Authors

  • Anindita Nawangsari Universitas Sanata Dharma
  • Maria Melani Ika Susanti Universitas Sanata Dharma
  • Maria Indarti Rustamti SD Kanisius Sorowajan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran IPS melalui pendekatan berbasis proyek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai tipe Kemmis dan Robbi n Mc Taggart terdiri atas dua siklus, melalui tahap perencanaanm pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri Brengosan 2 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki, 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah keaktifan siswa dan hasil belajar. Daya yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa; dari kondisi awal rerata keaktifan siswa sebesar 55,79% meningkat menjadi 73,75% pada siklus 1; dan meningkat menjadi 85,21% pada siklus II, sedangkan penerapan model project based learning dapat meningkakan hasil belajar siswa; dari nilai rerata kondisi awal sebesar 58; meningkat menjadi 72 pada siklus I; dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dan hasil belajar IPS meningkat melalui model Project Based Learning.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Nawangsari, A. ., Susanti, M. M. I. ., & Rustamti, M. I. . (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 menggunakan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1232–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5443