Pembelajaran Informal Para Pengelola Dalam Memberdayakan Mayarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Authors

  • Nicky Puspita Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elih Sudiapermana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Saepudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5406

Abstract

Derasnya arus perubahan saat ini, meningkatkan kualitas diri adalah sebuah keharusan. Artinya, pendidikan secara formal saja tidak cukup, jalur nonformal dan/ informal menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas diri sesuai dengan perubahan zaman. Kemudahan akses terhadap sumber-sumber belajar berbasis teknologi memungkinkan pembelajaran informal dilakukan banyak pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan  pembelajaran Informal Bagi Pengelola Taman Bacaan Masyarakat dalam memberdayakan masyarakat di TBM Sukamulya Cerdas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan jumlah partisipan sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada beragam modus pembelajaran informal yang dilakukan para pengelola TBM, yang dilakukan dengan pendekatan enam literasi dasar; 2) pembelajaran informal merupakan pendekatan efektif dalam proses pemberdayaan TBM dan masyarakat; 3) Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dapat berfungsi sebagai salah satu pendekatan dalam memfasilitasi pembelajaran informal untuk pemberdayaan masyarakat.

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Puspita Sari, N., Sudiapermana, E., & Saepudin, A. (2022). Pembelajaran Informal Para Pengelola Dalam Memberdayakan Mayarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1342–1348. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5406