Analisis Penggunaan Media Video Pada Materi Sumber Energi Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5373Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotret fenomena yang ada dengan menganalisis penggunaan media video khususnya di dalam pembelajaran IPA materi Sumber Energi di SD Negeri Pucung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pucung. Instrrumen dalam penelitian yaitu angket jenis skala likert. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian terkait dengan penggunaan media video yang telah diterapkan pada mata pelajaran IPA materi Sumber Enegri di kelas IV SD Negeri Pucung tampak dapat menumbuhkan perhatian dan menambah kemudahan siswa dalam memahami materi pelajaran IPA. Media video disajikan menarik dengan tambahan audio dan visual yang menarik sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Penggunaan media video dalam pelajaran IPA mendapat respon positif dari siswa kelas IV SD Negeri Pucung.Downloads
Published
2022-07-14
How to Cite
Syabrina, R. S. O., & Kusdinar, U. . (2022). Analisis Penggunaan Media Video Pada Materi Sumber Energi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 997–1002. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5373
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Risna Solichah Okta Syabrina, Uus Kusdinar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).