Analisis Penggunaan Media Video Pada Materi Sumber Energi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Risna Solichah Okta Syabrina Universitas Ahmad Dahlan
  • Uus Kusdinar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret fenomena yang ada dengan menganalisis penggunaan media video khususnya di dalam pembelajaran IPA materi Sumber Energi di SD Negeri Pucung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pucung. Instrrumen dalam penelitian yaitu angket jenis skala likert. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian terkait dengan penggunaan media video yang telah diterapkan pada mata pelajaran IPA materi Sumber Enegri di kelas IV SD Negeri Pucung tampak dapat menumbuhkan perhatian dan menambah kemudahan siswa dalam memahami materi pelajaran IPA. Media video disajikan menarik dengan tambahan audio dan visual yang menarik sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Penggunaan media video dalam pelajaran IPA mendapat respon positif dari siswa kelas IV SD Negeri Pucung.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Syabrina, R. S. O., & Kusdinar, U. . (2022). Analisis Penggunaan Media Video Pada Materi Sumber Energi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 997–1002. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5373