Penerapan Kedisiplinan Pembelajaran Praktik dimasa Pandemi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Dan Tata Udara (TPTU) di SMK Al Asror Gunung Pati Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5370Abstract
Latar belakang yang medorong penelitian ini adalah rendahnya penerapan kedisiplianan kegiatan praktik di masa pandemi Permasalahan dalam penelitian bagaimana kebijakan penerapan kedisiplinan pembelajaran praktik siswa kelas X Teknik Pendingin Dan Tata Udara SMK Al Asror Gunung Pati Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kedisiplinan pembelajran praktik di masa pandemic kelas X TPTU SMK Al Asror Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus Subyek primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala jurusan dan waka kesiswaan dan subyek sekunder dalam penelitian ini adalah guru BK, Guru Praktik dan 3 siswa kelas X TPTU. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil analisis menunjukan kebijakan penerapan yang dibuat oleh sekolah bertujuan agar siswa kelas X TPTU SMK Al Asror dapat mentaati dan menerapkan dengan baik kedisiplinan praktik selama pandemic seperti datang tepat waktu, menjaga prokes saat praktik, memakai atribut praktik dengan lengkap dan penerapan K3 dengan baik. Namun hasil observasi menujukan masih banyak siswa kelas X yang tidak mentaati penerapan dengan baik yang dibuat oleh kepala sekolah, kepala jurusan dan waka kesiswaan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat di sampaikan adalah supaya kebijakan yang dibuat pihak sekolah penerapan kedisiplinan pembelajran praktik di masa pandemic dapat diterapkan dengan baik oleh siswa kelas X TPTU SMK Al Asror Gunungpati Semarang.Downloads
Published
2022-07-13
How to Cite
Herlinawati, . R. D. (2022). Penerapan Kedisiplinan Pembelajaran Praktik dimasa Pandemi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Dan Tata Udara (TPTU) di SMK Al Asror Gunung Pati Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 982–991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5370
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Renia Desti Herlinawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).