Penerapan Kedisiplinan Pembelajaran Praktik dimasa Pandemi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Dan Tata Udara (TPTU) di SMK Al Asror Gunung Pati Semarang

Authors

  • Renia Desti Herlinawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5370

Abstract

Latar belakang yang medorong penelitian ini adalah rendahnya penerapan kedisiplianan kegiatan praktik di masa pandemi Permasalahan dalam penelitian bagaimana kebijakan penerapan kedisiplinan pembelajaran praktik siswa kelas X Teknik Pendingin Dan Tata Udara SMK Al Asror Gunung Pati Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kedisiplinan pembelajran praktik di masa pandemic kelas X TPTU SMK Al Asror Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus Subyek primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala jurusan dan waka kesiswaan dan subyek sekunder dalam penelitian ini adalah guru BK, Guru Praktik dan 3 siswa kelas X TPTU. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil analisis menunjukan kebijakan penerapan yang dibuat oleh sekolah bertujuan agar siswa kelas X TPTU SMK Al Asror dapat mentaati dan menerapkan dengan baik kedisiplinan praktik selama pandemic seperti datang tepat waktu, menjaga prokes saat praktik, memakai atribut praktik dengan lengkap  dan penerapan K3 dengan baik. Namun hasil observasi menujukan masih banyak siswa kelas X yang tidak mentaati penerapan dengan baik yang dibuat oleh kepala sekolah, kepala jurusan dan waka kesiswaan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat di sampaikan adalah supaya kebijakan yang dibuat pihak sekolah penerapan kedisiplinan pembelajran praktik di masa pandemic dapat diterapkan dengan baik oleh siswa kelas X TPTU SMK Al Asror Gunungpati Semarang.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Herlinawati, . R. D. (2022). Penerapan Kedisiplinan Pembelajaran Praktik dimasa Pandemi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pendingin Dan Tata Udara (TPTU) di SMK Al Asror Gunung Pati Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 982–991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5370