Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana

Authors

  • Ni Luh Made Dwi Amertha Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada karakter sehari-hari yang ditunjukkan oleh siswa di lingkungan sekolah yakni kurangnya kesadaran peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiasaan Tri Hita Karana sebagai upaya untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian kelas V SD di SD Negeri 2 Beringkit Belayu. Penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis-Taggart dengan tahapan perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai karakter peduli lingkungan siswa yang terbagi menjadi 3 dimensi yakni kesediaan, daya upaya, dan bertanggung jawab.  Kenaikan terbesar terjadi pada nilai dimensi kesediaan yaitu sebesar 11,5% kemudian dimensi daya upaya atau usaha sebesar 5% dan yang terakhir adalah dimensi bertanggung jawab sebesar 1,5%. Total secara keseluruhan peningkatan nilai perdimensi karakter peduli lingkungan sebesar 18%. Dengan demikian, nilai karakter peduli lingkungan siswa diperoleh sebesar 85,5%.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Dwi Amertha Sari, N. L. M., & Ayu Wulandari, I. G. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 971–981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366