Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Matematika melalui Model PBL pada Siswa Kelas I SD Negeri Sinduadi Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5351Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar matematika kelas I melalui penerapan model problem-based learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai tipe Kemmis dan Robbin Mc Taggart terdiri dari dua siklus yang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa pada kelas I SD Negeri Sinduadi Timur. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model problem-based learning. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dari kondisi awal rerata percaya diri siswa sebesar 34,62% meningkat menjadi 59,62% pada siklus I dan meningkat menjadi 78,85% pada siklus II. Sedangkan penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rerata kondisi awal sebesar 54 meningkat menjadi 79 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model problem-based learning. Kata Kunci: Sikap percaya diri; Hasil belajar; model PBLDownloads
Published
2022-07-12
How to Cite
Hastiwi, L., Melani Ika Susanti, M. ., & Indarti Rustamti, M. (2022). Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Matematika melalui Model PBL pada Siswa Kelas I SD Negeri Sinduadi Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 905–912. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lucia Hastiwi, Maria Melani Ika Susanti, Maria Indarti Rustamti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).