Perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Pencapaian Kinerja Guru

Authors

  • Dwipa Satria Negara Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru SMA dengan memasukkan gender sebagai kelompok pemisah yang terdapat pada guru laki-laki atau perempuan. Penelitian ini dilakukan pada guru SMA di salah satu kabupaten di kota Bengkulu, dengan populasi guru sebanyak 75 mata pelajaran. Pengumpulan data OCB menggunakan skala yang terdiri dari 5 aspek yaitu conscientiousness, sportmanship, civic Virtue, courtesy, dan altruism. Sedangkan kinerja menggunakan dokumentasi penilaian. Hasil pengujian menggunakan regresi sederhana dan uji-t untuk menguji perbedaan jenis kelamin. Ditemukan bahwa tidak ada pengaruh OCB terhadap kinerja guru dengan hasil p = 0,06 > 0,05, dengan perbedaan OCB menunjukkan bahwa guru perempuan memiliki OCB lebih tinggi daripada laki-laki. Oleh karena itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut pengaruh OCB dengan melibatkan variabel lain di luar kinerja dan perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam terhadap kinerja dengan keterlibatan subjek yang lebih luas.

Downloads

Published

2022-07-11

How to Cite

Negara, D. S. . (2022). Perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Pencapaian Kinerja Guru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 817–825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5337