Perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Pencapaian Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5337Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru SMA dengan memasukkan gender sebagai kelompok pemisah yang terdapat pada guru laki-laki atau perempuan. Penelitian ini dilakukan pada guru SMA di salah satu kabupaten di kota Bengkulu, dengan populasi guru sebanyak 75 mata pelajaran. Pengumpulan data OCB menggunakan skala yang terdiri dari 5 aspek yaitu conscientiousness, sportmanship, civic Virtue, courtesy, dan altruism. Sedangkan kinerja menggunakan dokumentasi penilaian. Hasil pengujian menggunakan regresi sederhana dan uji-t untuk menguji perbedaan jenis kelamin. Ditemukan bahwa tidak ada pengaruh OCB terhadap kinerja guru dengan hasil p = 0,06 > 0,05, dengan perbedaan OCB menunjukkan bahwa guru perempuan memiliki OCB lebih tinggi daripada laki-laki. Oleh karena itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut pengaruh OCB dengan melibatkan variabel lain di luar kinerja dan perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam terhadap kinerja dengan keterlibatan subjek yang lebih luas.Downloads
Published
2022-07-11
How to Cite
Negara, D. S. . (2022). Perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Pencapaian Kinerja Guru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 817–825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5337
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwipa Satria Negara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).