Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5336Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian untuk memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah efikasi diri dari peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal model problem BASED learning (PBL). penelitian ini dilakukan di SMPN 26 Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 36 siswa mengalami masalah dalam hal efikasi diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 49%, siklus I : 61 %, siklus II : 77%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas VIII H SMPN 26 TANGERANG terdapat adanya peningkatan efikasi diri peserta didik.Downloads
Published
2022-07-11
How to Cite
Turido, . I. A., & Prasetiawan, H. (2022). Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 826–835. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5336
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hardi Prasetiawan, Iis Aisah Turido
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).