Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning

Authors

  • Iis Aisah Turido Universitas Ahmad Dahlan
  • Hardi Prasetiawan UAD

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5336

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan  dalam rangkaian untuk memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah efikasi diri dari peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal model problem BASED learning (PBL). penelitian ini dilakukan di SMPN 26 Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 36 siswa mengalami masalah dalam hal efikasi diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 49%, siklus I : 61 %, siklus II : 77%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas VIII H SMPN 26 TANGERANG terdapat adanya peningkatan efikasi diri peserta didik.

Downloads

Published

2022-07-11

How to Cite

Turido, . I. A., & Prasetiawan, H. (2022). Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 826–835. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5336