Metode Penerapan Toilet Training dalam Pembentukan Kemandirian di KB Tunas Harapan

Authors

  • Nadya Nela Rosa STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
  • Lina Eka Retnaningsih STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5313

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode penerapan toilet training dalam pembentukan kemandirian di KB tunas harapan. 15 orang siswa ada 2-4 orang siswa atau kurang lebih 13% - 26% peserta didik pada kelas KB yang memiliki rentang usia 4-6 tahun masih belum relatif mandiri pada melakukan kegiatan toileting. Deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran, serta wawancara kepada guru. Data dianalisis dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 metode yang digunakan oleh guru atau pendidik di KB Tunas Harapan dalam penerapan toilet training untuk pembentukan kemandirian anak yakni metode pembelajaran modeling dengan menggunakan video, metode keteladanan dan pembiasaan, metode bercerita, metode bernyanyi, dan metode karyawisata atau field trip. Penerapan metode-metode tersebut dilakukan dengan bervariasi di dalam dan di luar ruangan dimana pelaksanaannya dilakukan secara konsisten sehingga anak dapat mandiri atau berdikari dalam melakukan toilet training hal ini menyatakan bahwa anak sudah menuntaskan perkembangan dan tingkat kematangan sesuai dengan usianya

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Nela Rosa, N., & Retnaningsih, L. E. . (2022). Metode Penerapan Toilet Training dalam Pembentukan Kemandirian di KB Tunas Harapan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 865–871. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5313