Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Sukatin Sukatin Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Rezqi Dwi Alamsia Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Anisa Angraeni Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Nana Fathonah Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Sadratul Hikmah Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307

Abstract

Keragaman latar belakang siswa dan kemampuan belajarnya menjadi fokus dalam mengelola kelas. Ketika pembelajaran dimulai peserta didik sering menunjukkan sikap penolakan berarti siswa kurang bisa merespon pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika siswa menunjukkan sikap menerima berarti secara emosional ada kesediaan untuk menerima pembelajaran yang dilakukan oleh guru kenyataan seperti ini diperlukan kemampuan mengelola kelas dengan baik agar tercipta kondisi belajar yang kreatif, aktif, menyenangkan, gembira dan berbobot. Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata; pengelolaan dan kelas. Pengelolaan diambil dari akar kata “kelola” yang diberi awalam “pe” dan akhiran “an” berati pengelolaan adalah pengaturan dan penataan kegiatan. Kelas adalah tempat untuk memperoleh transformasi ilmu pengetahuan bagi siswa yang berlangsung secara kondusif, dialogis, dan menyenangkan.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Sukatin, S., Alamsia, R. D. ., Angraeni, A. ., Fathonah, N. ., & Hikmah, S. . (2022). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 708–720. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307