Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307Abstract
Keragaman latar belakang siswa dan kemampuan belajarnya menjadi fokus dalam mengelola kelas. Ketika pembelajaran dimulai peserta didik sering menunjukkan sikap penolakan berarti siswa kurang bisa merespon pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika siswa menunjukkan sikap menerima berarti secara emosional ada kesediaan untuk menerima pembelajaran yang dilakukan oleh guru kenyataan seperti ini diperlukan kemampuan mengelola kelas dengan baik agar tercipta kondisi belajar yang kreatif, aktif, menyenangkan, gembira dan berbobot. Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata; pengelolaan dan kelas. Pengelolaan diambil dari akar kata “kelola” yang diberi awalam “pe” dan akhiran “an” berati pengelolaan adalah pengaturan dan penataan kegiatan. Kelas adalah tempat untuk memperoleh transformasi ilmu pengetahuan bagi siswa yang berlangsung secara kondusif, dialogis, dan menyenangkan.Downloads
Published
2022-07-09
How to Cite
Sukatin, S., Alamsia, R. D. ., Angraeni, A. ., Fathonah, N. ., & Hikmah, S. . (2022). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 708–720. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sukatin, Rezqi Dwi Alamsia, Anisa Angraeni, Nana Fathonah, Sadratul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).