Optimalisasi Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5297Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan tersusun sesuai rencana untuk mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi pada dirinya seperti keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, cerdas, serta keterampilan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Pemenuhan hakatas Pendidikan merupakan sesuatu yang dimiliki setiap orang karena pada pasal 31 ayat 1 Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945 mengatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan. Maka dari semua warga negara berhak untuk mendapatkan Pendidikan termasuk warga binaan pemasyarakatan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan. Lembaga pemasyarakatan adalah tempat bagi warga binaan dan anak didik pemasyarakatan melakukan pembinaan. Lembaga Pemasyarakatan memiliki pembinaan narapidana melalui program kegiatan belajar mengajar atau biasa disebut dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) . Program ini merupakan Pendidikan kesataraan, Pendidikan nonformal dengan kompetensi kelulusan yang sama dengan sekolah formal lainnya namun lebih memberikan konsep tematik, indiktif yang berhubungan dengan permasalahan lingkungan dan berusaha untuk mandiri atau melatih kehidupan untuk kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan program belajar mengajar yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong seperti bagimana pelaksanaan kegiatan Pendidikan kesetaraan, kerjasama yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cinomg demi meningkatkan pembinaan kegiatan belajar mengajar, adanya gerobak pintar guna meningkatkan keinginan warga binaan pemasyarakatan dalam membaca di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong.Downloads
Published
2022-07-08
How to Cite
Khatimah, . H. . (2022). Optimalisasi Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 650–653. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5297
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Husnul Khatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).