Optimalisasi Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong

Authors

  • Husnul Khatimah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5297

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan tersusun sesuai rencana untuk mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi pada dirinya seperti keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, cerdas, serta keterampilan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Pemenuhan hakatas Pendidikan merupakan sesuatu yang dimiliki setiap orang karena pada pasal 31 ayat 1 Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945 mengatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan. Maka dari semua warga negara berhak untuk mendapatkan Pendidikan termasuk warga binaan pemasyarakatan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan. Lembaga pemasyarakatan adalah tempat bagi  warga binaan dan anak didik pemasyarakatan melakukan pembinaan. Lembaga Pemasyarakatan memiliki  pembinaan  narapidana melalui program kegiatan belajar mengajar  atau biasa disebut dengan  Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) .  Program ini merupakan Pendidikan kesataraan, Pendidikan nonformal dengan kompetensi kelulusan yang sama dengan sekolah formal lainnya namun  lebih memberikan konsep tematik,  indiktif yang berhubungan dengan permasalahan lingkungan dan berusaha untuk mandiri atau melatih kehidupan untuk kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan program belajar mengajar yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong seperti bagimana pelaksanaan kegiatan Pendidikan kesetaraan, kerjasama yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cinomg demi meningkatkan pembinaan kegiatan belajar mengajar, adanya gerobak pintar guna meningkatkan keinginan warga binaan pemasyarakatan dalam membaca di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Khatimah, . H. . (2022). Optimalisasi Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 650–653. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5297