Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi

Authors

  • Rai’yah Rai’yah MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA ZIADATUL IMAN

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5236

Abstract

Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  Penelitian  Tindakan  Sekolah  (PTS). Subjek PTS ini adalah guru-guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi, 14 orang sejumlah   orang  guru,  terdiri  atas  3  orang guru PNS, dan 11 orang guru Non PNS. Teknik  pengumpulan  data  dari  penelitian  tindakan  sekolah  ini  adalah  melalui  data  kualitatif yang diperoleh dari observasi, pengamatan, maupun wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan sekolah ini antara lain adalah :  Skala Penilaian, Lembar Pengamatan, Angket. Analisa  data  yang  digunakan  adalah  analisa  data  kualitatif  yang  bersumber dari data primer maupun empiris. Maka simpulan umum penelitian yaitu upaya kepala sekolah MIS Ziadatul Iman Kota Jambi dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru sudah tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Simpulan penelitian secara khusus yaitu: Pertama yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru dibidang kedisiplinan kehadiran sudah cukup baik. Kedua, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinanan guru dibidang perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. Ketiga, Dalam upaya meningkatkan kedisplinan guru dibidang pelaksanaan pembelajaran kepala sekolah telah berupaya mengoptimalkan semua peraturan agar para guru mempunyai kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankan kewajibanya sebagai pendidik. Keempat, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dibidang evaluasi pembelajaran. Kepala sekoalah memberikan pembinaan dan menegaskan aturan yang mengharuskan para guru melakukan evaluasi pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Rai’yah, R. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 387–393. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5236