Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5236Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek PTS ini adalah guru-guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi, 14 orang sejumlah orang guru, terdiri atas 3 orang guru PNS, dan 11 orang guru Non PNS. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan sekolah ini adalah melalui data kualitatif yang diperoleh dari observasi, pengamatan, maupun wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan sekolah ini antara lain adalah : Skala Penilaian, Lembar Pengamatan, Angket. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif yang bersumber dari data primer maupun empiris. Maka simpulan umum penelitian yaitu upaya kepala sekolah MIS Ziadatul Iman Kota Jambi dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru sudah tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Simpulan penelitian secara khusus yaitu: Pertama yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru dibidang kedisiplinan kehadiran sudah cukup baik. Kedua, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinanan guru dibidang perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. Ketiga, Dalam upaya meningkatkan kedisplinan guru dibidang pelaksanaan pembelajaran kepala sekolah telah berupaya mengoptimalkan semua peraturan agar para guru mempunyai kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankan kewajibanya sebagai pendidik. Keempat, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dibidang evaluasi pembelajaran. Kepala sekoalah memberikan pembinaan dan menegaskan aturan yang mengharuskan para guru melakukan evaluasi pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-06
How to Cite
Rai’yah, R. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di MIS Ziadatul Iman Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 387–393. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5236
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rai'yah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).