Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN Kota Jambi

Authors

  • Fatimah Fatimah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5235

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas II MIN Kota Jambi tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 23 siswa yaitu 8 putra dan 15 putri yang akan dibagi menjadi 5 kelompok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, dokumentasi dan tes. Adapun prosedur penelitiannya meliputi: 1) Perencanaan (planning). 2) Tindakan (acting). 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian penerapan media timbangan bilangan pada siswa kelas II MIN Kota Jambi 2020/2021, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menghitung siswa kelas II MIN Kota Jambi pada operasi perkalian dan pembagian meningkat dengan menerapkan media timbangan bilangan baik dilihat aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 59,83 pada siklus I nilai rata-rata meningkat mencapai 78,52 dan lebih dari 75 % siswa sudah memenuhi nilai KKM. Setelah dilakukan refleksi terdapat 4 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan di bawah 65), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya. Pada tes siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,48 dan 86.95% siswa sudah memenuhi nilai KKM. Secara afektif nilai sikap siswa dalam proses pembelajaran siklus 1. mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa dalam pembelajaran yang sebelumnya pada pra siklus belum aktif menjadi aktif. Pada siklus II hampir 82,60 % atau 19 dari 23 siswa memperoleh nilai sikap aktif dan sangat aktif, sedangkan dalam aspek psikomotorik siswa sudah terampil menggunakan media timbangan bilangan dalam menghitung materi perkalian dan pembagian.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Fatimah, F. (2022). Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN Kota Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 375–386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5235