Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5235Abstract
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas II MIN Kota Jambi tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 23 siswa yaitu 8 putra dan 15 putri yang akan dibagi menjadi 5 kelompok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, dokumentasi dan tes. Adapun prosedur penelitiannya meliputi: 1) Perencanaan (planning). 2) Tindakan (acting). 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian penerapan media timbangan bilangan pada siswa kelas II MIN Kota Jambi 2020/2021, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menghitung siswa kelas II MIN Kota Jambi pada operasi perkalian dan pembagian meningkat dengan menerapkan media timbangan bilangan baik dilihat aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 59,83 pada siklus I nilai rata-rata meningkat mencapai 78,52 dan lebih dari 75 % siswa sudah memenuhi nilai KKM. Setelah dilakukan refleksi terdapat 4 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan di bawah 65), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya. Pada tes siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,48 dan 86.95% siswa sudah memenuhi nilai KKM. Secara afektif nilai sikap siswa dalam proses pembelajaran siklus 1. mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa dalam pembelajaran yang sebelumnya pada pra siklus belum aktif menjadi aktif. Pada siklus II hampir 82,60 % atau 19 dari 23 siswa memperoleh nilai sikap aktif dan sangat aktif, sedangkan dalam aspek psikomotorik siswa sudah terampil menggunakan media timbangan bilangan dalam menghitung materi perkalian dan pembagian.Downloads
Published
2022-07-06
How to Cite
Fatimah, F. (2022). Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN Kota Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 375–386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5235
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).