Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII

Authors

  • Rohmatul Layliyyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Eka Rahayu Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5231

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahkanya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif komperatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bisa semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis, dengan interpretasi butir soal valid dan reliabilitas nilai  berada pada kreteria sangat tinggi. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaaan rata-rata dua kelompok yang berbeda yakni uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan nilai Sig. (2-tailed)  0,00  maka ada  pengaruh yang signifikan  rata-rata  pada  kemampuan  komunikasi  matematis  siswa  pada  kelas  eksperimen dibanding kelas kontrol. Kemampuan  komunikasi  matematis  pada  kelas  eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Layliyyah, R. ., Wisudaningsih, E. T. ., & Rahayu, E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 345–351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5231

Most read articles by the same author(s)