Upaya Meningkatkan Percaya Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5215Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah percaya diri peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan kelompok Teknik permainan simulasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 30 siswa mengalami masalah terkait percaya diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 43%, siklus I: 60 %, siklus II: 71%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok Teknik permainan simulasi dalam upaya meningkatkan percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta terdapat adanya peningkatan percaya diri siswa.Downloads
Published
2022-07-05
How to Cite
Maulana, . R. ., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Percaya Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 298–305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5215
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rifki Maulana, Hardi Prasetiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).