Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta

Authors

  • Heidi Dhea Dewinta Universitas Ahmad Dahlan
  • Hardi Prasetiawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5214

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan  dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah prokrastinasi akademik peserta didik yang masih tinggi. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal model Problem based learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 siswa mengalami masalah terkait prokrastinasi akademik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh pengurangan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 67%, siklus I: 61 %, siklus II: 43%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal model Problem based learning (PBL) dalam upaya mengurangi  prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta terdapat adanya pengurangan prokrastinasi akademik peserta didik

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Dewinta, H. D., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 288–297. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5214