Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5206Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah tingkat kejenuhan belajar (burnout) dapat diturunkan dengan teknik senam otak (brain gym) pada siswa kelas X SMAN Karangpandan. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas sampel yakni kelas X IPS 6 sebagai kelas yang akan diberi perlakuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar berasal dari modifikasi Maslach Burnout Inventory (MBI) yang disesuaikan dengan subjek penelitian untuk mengungkap tingkat kejenuhan, dan pedoman observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian penurunan kejenuhan belajar dapat dilihat dariprosentase lembar obervasi aktivitas siswa pada siklus pertama antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran senam otak sebesar 50,36% sementara pada siklus II terjadi peningkatan antusaias siswa sebesar 71,15%. Kemudian pada hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan skala kejenuhan belajar terdapat penurunan yang signifikan pada tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa, pada hasil pre-test tingkat kejenuhan belajar memperoleh prosentase sebanyak 35,82% sementara pada saat post-test terjadai penurunan prosentase tingkat kejenuhan belajar siswa menjadi 28,36%. sehingga dapat disimpulkan terjadi penurunan yang signifikan pada siswa kelas X IPS 6 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik senam otak, dapat disimpulkan bahwa teknik senam otak (brain gym) efektif dalam menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa kelas X di SMAN Karangpandan.Downloads
Published
2022-07-05
How to Cite
Nashrullah, F. A. ., & Prasetiawan, H. (2022). Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 259–274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5206
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Febrian Amir Nashrullah, Hardi Prasetiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).