Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym)

Authors

  • Febrian Amir Nashrullah Universitas Ahmad Dahlan
  • Hardi Prasetiawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5206

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah tingkat kejenuhan belajar (burnout) dapat diturunkan dengan teknik senam otak (brain gym) pada siswa kelas X SMAN Karangpandan. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas sampel yakni kelas X IPS 6 sebagai kelas yang akan diberi perlakuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar berasal dari modifikasi Maslach Burnout Inventory (MBI) yang disesuaikan dengan subjek penelitian untuk mengungkap tingkat kejenuhan, dan pedoman observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian penurunan kejenuhan belajar dapat dilihat dariprosentase lembar obervasi aktivitas siswa pada siklus pertama antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran senam otak sebesar 50,36% sementara pada siklus II terjadi peningkatan antusaias siswa sebesar 71,15%. Kemudian pada hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan skala kejenuhan belajar terdapat penurunan yang signifikan pada tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa, pada hasil pre-test tingkat kejenuhan belajar memperoleh prosentase sebanyak 35,82% sementara pada saat post-test terjadai penurunan prosentase tingkat kejenuhan belajar siswa menjadi 28,36%. sehingga dapat disimpulkan terjadi penurunan yang signifikan pada siswa kelas X IPS 6 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik senam otak, dapat disimpulkan bahwa teknik senam otak (brain gym) efektif dalam menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa kelas X di SMAN Karangpandan.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Nashrullah, F. A. ., & Prasetiawan, H. (2022). Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 259–274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5206