Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi

Authors

  • Yulyana Yulyana Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5205

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Untuk meningkatkan perolehan hasil belajar mata pelajaran Matematika operasi perkalian dan pembagian siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro  Jambi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pengertian penelitian tindakan kelas dapat dipahami sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dikelas sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan (Daryanto, 2011: 4). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 39 siswa yaitu 18 putra dan 21 putri yang akan dibagi menjadi 5 kelompok.Hasil analisis data pada tes awal sebesar 59,83 pada siklus I nilai rata-rata meningkat mencapai 78,52 dan lebih dari 75 % siswa sudah memenuhi nilai KKM. Setelah dilakukan refleksi terdapat 4 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan di bawah 65), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya. Pada tes siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,48 dan 86.95% siswa sudah memenuhi nilai KKM.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Yulyana, Y. (2022). Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 229–243. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5205