Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5205Abstract
Tujuan penelitian ini untuk Untuk meningkatkan perolehan hasil belajar mata pelajaran Matematika operasi perkalian dan pembagian siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pengertian penelitian tindakan kelas dapat dipahami sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dikelas sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan (Daryanto, 2011: 4). Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 39 siswa yaitu 18 putra dan 21 putri yang akan dibagi menjadi 5 kelompok.Hasil analisis data pada tes awal sebesar 59,83 pada siklus I nilai rata-rata meningkat mencapai 78,52 dan lebih dari 75 % siswa sudah memenuhi nilai KKM. Setelah dilakukan refleksi terdapat 4 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan di bawah 65), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya. Pada tes siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,48 dan 86.95% siswa sudah memenuhi nilai KKM.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Yulyana, Y. (2022). Penerapan Media Timbangan Bilangan Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pada Pelajaran Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Muaro Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 229–243. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5205
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).