Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita di Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5194Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah tanggung jawab belajar peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Manyaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 5 siswa mengalami masalah terkait tanggung jawab belajar dan kinerja guru yang harus dikembangkan dalam layanan konseling individu dengan pendekatan realitas. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 47%, siklus I : 68 %, siklus II : 87%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dalam upaya meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manyaran terdapat adanya peningkatan tanggung jawab belajar peserta didik.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Prayogo, A. S. ., & Prasetiawan, H. . (2022). Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita di Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 176–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5194
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ayudi Setyo Prayogo, Hardi Prasetiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).