Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Authors

  • Meyla Widya Kusuma Universitas Kristen Satya Wacana
  • Widya Larasati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Fidelis Ventista Risma Universitas Kristen Satya Wacana
  • Narwastu Sari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ulfia Violina Shellby Agustin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting keberadaannya bagi setiap anak. Proses Pendidikan juga tidak terlepas dari kemampuan literasi seorang anak karena sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan literasi anak. Namun pada kenyataannya ada anak yang memiliki kemampuan literasi yang rendah. Literasi yang dimiliki oleh anak memberikan dampak yang besar bagi anak salah satunya adalah berkomunikasi dan mengolah informasi yang diperoleh. Selain itu kemampuan literasi yang dimiliki oleh anak akan memberikan pengaruh terhadap prestasi yang diperoleh oleh anak. Sehingga tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kemampuan literasi terhadap prestasi anak SD. Berdasarkan survei yang dilakukan Program For International Student Assessment (PISA), tingkat literasi Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara, sehingga perlunya penigkatan budaya literasi baik literasi membaca ataupun menulis. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan kajian dari jurnal,buku dan internet. Dilihat dari salah satu hasil penelitian, terlihat bahwa bahwa kemampuan literasi yang dimiliki oleh anak mempengaruhi prestasi yang dipeoleh anak. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan literasi (membaca) sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar anak.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Kusuma, M. W. ., Larasati, W. ., Risma, F. V. ., Sari, N. ., & Agustin, U. V. S. . (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180