Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, Novel 9 Summers 10 Autumns Karya Iwan Setiawan, dan Novel Sunrise For Shaila Karya Erie Khassandra (Kajian Intertekstual)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5141Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan persamaan serta perbedaannya dalam novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman, novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan novel Sunrise ForShaila karya Erie Khassandra dengan menggunakan kajian intertekstual. Teori yang digunakan yaitu Nurgiyantoro (2010) dan Hasan (2010) yang meliputi sastra, novel dan nilai Pendidikan karakter. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman, novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan novel Sunrise ForShaila karya Erie Khassandra. Hasil analisis data diperoleh 106 data menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter yang dominan ditemukan pada ketiga novel yaitu kerja keras, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu dan peduli sosial. Ketiga novel ini juga memilki hubungan yang bermakna antara tokoh dan penokohan, alur, latar, dan tema perjuangan. Hasil analisis data disimpulkan bahwa ketiga novel memiliki nilai Pendidikan karakter yang dominan yaitu kerja keras, sahabat/komunikatif, rasa ingin tahu dan peduli sosial. Dalam interteks ketiga novel yaitu tokoh dan penokohan dalam novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman berhipogram dan perluasana atau pengembangan pada novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan berhipogram pada novel Sunrise For Shaila karya Erie Khassandra. Alur novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman mempunyai alur yang sama dengan novel Sunrise ForShaila karya Erie Khassandra, sedangkan novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan terdapat perbedaan alur dengan novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman dan Sunrise For Shaila karya Erie Khassandra. Latar yang terdapat pada ketiga novel ini berhipogram ekspanasi atau perluasan, pengembangan dari Indonesia yang dimulai dari Jakarta, Bandung, Kilamantan dan New York. Dapat disimpulkan bahwa ketiga novel ini memiliki hubungan yang bermakna atau berinterteks dari segi tema. Terdapat kesamaan tujuan pengarang untuk mengangkat masalah perjuangan yaitu meraih mimpi dalam menggapai cita-cita serta nilai Pendidikan karakter dalam novel.Downloads
Published
2022-07-01
How to Cite
Febriyani, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, Novel 9 Summers 10 Autumns Karya Iwan Setiawan, dan Novel Sunrise For Shaila Karya Erie Khassandra (Kajian Intertekstual) . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 10–15. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5141
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Asri Febriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).