Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Siswa/i Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5114Abstract
Pembelajaran daring pada awalnya ditanggapi positif oleh beberapa mahasiswa tetapi dengan berjalannya proses pembelajaran, mahasiswa mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut antara lain sinyal yang kurang mendukung, sebagian mahasiswa kekurangan kuota, banyak gangguan ketika belajar di rumah, mahasiswa merasa kurang fokus belajar tanpa adanya interaksi langsung dengan dosen maupun mahasiswa lain, materi yang disampaikan sulit dipahami, kurangnya kesiapan dosen dalam menyiapkan materi.Tugas yang banyak dengan deadline waktu yang singkat juga menjadikan kendala tersendiri dalam pembelajaran online.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stress akademik siswa pada masa pandemi covid 19 metode yang digunakan penelitian ini termasuk analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran atau observasi data dalam satu kali dan pengukuran dilakukan terhadap variabel subjek pada saat mengunjungi SDN jatibening tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stress akademik pada siswa/I sd pada masa covid-19 Tahun 2022.Dari seluruh variabel yang diteliti didapatkan hasil variabel pembelajaran daring memiliki hubungan dengan stress akademik. Ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dan stress akademik di SDN jatibening dengan hasil uji Anova didapatkan hasil p-value 0,01(<0,05) saran dari saya yang perlu dipertimbangkan oleh para guru agar proses belajar mengajar selama masa pandemi dapat berjalan lebih baik dan optimalDownloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Krisdiantoro, . N. ., & Sahrudi, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Siswa/i Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2501–2505. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5114
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nanda Krisdiantoro, Sahrudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).