Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Siswa/i Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022

Authors

  • Nanda Krisdiantoro STIKes Abdi Nusantara Jakarta
  • Sahrudi Sahrudi STIKes Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5114

Abstract

Pembelajaran daring pada awalnya ditanggapi positif oleh beberapa mahasiswa tetapi dengan berjalannya proses pembelajaran, mahasiswa mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut antara lain sinyal yang kurang mendukung, sebagian mahasiswa kekurangan kuota, banyak gangguan ketika belajar di rumah, mahasiswa merasa kurang fokus belajar tanpa adanya interaksi langsung dengan dosen maupun mahasiswa lain, materi yang disampaikan sulit dipahami, kurangnya kesiapan dosen dalam menyiapkan materi.Tugas yang banyak dengan deadline waktu yang singkat juga menjadikan kendala tersendiri dalam pembelajaran online.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stress akademik siswa pada masa pandemi covid 19 metode yang digunakan penelitian ini termasuk analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran atau observasi data dalam satu kali dan pengukuran dilakukan terhadap variabel subjek pada saat mengunjungi SDN jatibening tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stress akademik pada siswa/I sd pada masa covid-19 Tahun 2022.Dari seluruh variabel yang diteliti didapatkan hasil variabel pembelajaran daring memiliki hubungan dengan stress akademik. Ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dan stress akademik di SDN jatibening dengan hasil uji Anova didapatkan hasil p-value 0,01(<0,05) saran dari saya yang perlu dipertimbangkan oleh para guru agar proses belajar mengajar selama masa pandemi dapat berjalan lebih baik dan optimal

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Krisdiantoro, . N. ., & Sahrudi, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Siswa/i Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2501–2505. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5114